Niat yang Benar dalam Beribadah

Kongsikan di

Image result for Niat yang Benar dalam Beribadah



 Allah tabaraka wa ta’ala berfirman,
وَمَا أُمِرُوا إِلاَّ لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
“Padahal mereka tidak diperintahkan kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ibadah hanya kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” [Al-Bayyinah: 5]
➡ Asy-Syaikh Al-‘Allamah Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah berkata,
وينبغي أن يستحضر النية، أي: نية الإخلاص في جميع العبادات. فينوى مثلاً الوضوء، وأنه توضأ لله، وأنه توضأ أمثالاً لأمر الله.
فهذه ثلاثة أشياء: نية العبادة. ونية أن تكون لله. ونية أنه قام بها امتثالاً لأمر الله. فهذا أكمل شيء في النية.
كذلك في الصلاة: تنوي أولاً: الصلاة، وأنها الظهر، أو العصر، أو المغرب، أو العشاء ن أو الفجر، أو ما أشبه ذلك، وتنوي ثانياً: أنك إنما تصلي لله عز وجل لا لغيره، لا تصلي رياء ولا سمعة، ولا لتمدح على صلاتك، ولا لتنال شيئاً من المال أو الدنيا، ثالثاً: تستحضر أنك تصلي امتثالاً لأمر ربك.
Sepatutnya orang yang beribadah untuk menghadirkan niat, yaitu niat yang ikhlas karena Allah dalam seluruh ibadah. Misalkan ketika hendak berwudhu, maka hendaklah ia berniat untuk melakukan wudhu, dan bahwa ia berwudhu karena Allah, dan bahwa ia berwudhu untuk menaati perintah Allah. Inilah tiga perkara dalam niat:
1. Niat melakukan ibadah,
2. Niat karena Allah,
3. Niat untuk menaati perintah Allah.
Inilah niat yang paling sempurna. Demikian pula sholat, hendaklah;
✅ Pertama: Engkau berniat untuk melakukan sholat, apakah Zhuhur, Ashar, Maghrib, Isya atau Shubuh, atau sholat yang lainnya.
✅ Kedua: Engkau niatkan sholatmu karena Allah ‘azza wa jalla, bukan untuk selain-Nya, bukan karena riya’, sum’ah, ingin dipuji atas sholatmu itu dan bukan pula agar engkau mendapatkan harta atau nikmat dunia.
✅ Ketiga: Engkau hadirkan niat bahwa sholatmu untuk menaati perintah Rabbmu.
[Syarhu Riyadhis Shaalihin, 1/14]
Sumber: http://sofyanruray.info/niat-yang-benar-dalam-beribadah/
loading...

1 Response to "Niat yang Benar dalam Beribadah"

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    di f@ns*p0ker || add pin black.berry 55F97BD0

    ReplyDelete

Didakwah