Khasiat Buah Tin Si "BUAH DARI SYURGA"


Buah Tin Si “Buah dari Surga”
-height: 115%;"> – Khasiat buah tin sudah cukup fenomenal sekali. Tidak hanya populer di kalangan masyarakat umum saja, tetapi manfaat buah tin juga telah disebutkan dalam Al-Qur’an, tepatnya di suat At-tin 1-2.

Berikut ini firman Allah SWT dalam Al-Qur’an dan hadits terkait khasiat buah tin bagi manusia.

Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (at-Tin: 1-2)

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa:

Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )”

Firman dan hadist diatas sebenarnya telah menunjukan seberapa besarnya manfaat buah tin bagi manusia. Nah bagi Anda yang belum mengetahui khasiat buah tin si “Buah dari surga” pada kesempatan kali ini saya sajikan informasinya khusus untuk Anda. 

Namun sebelum kita membahas informasi tersebut, silahkan simak terlebih dahulu informasi kandungan buah tin dan nutrisinya.

Nutrisi dan Kandungan Buah Tin

Buah tin terkenal sebagai buah dengan kandungan nutrisi cukup lengkap, baik itu nutrisi dalam bentuk vitamin ataupun mineral. Kandungan-kandungan inilah yang menjadi alasan para ahli memposisikan buah tin sebagai buah super nutrition.
Khasiat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Pengobatan

1. Mengatasi hipertensi dan jantung koroner

Tekanan darah tinggi dapat muncul disebabkan karena adanya penyempitan pembuluh darah, apabila kondisi tersebut dibiarkan maka akan menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.

Buah tin mengandung senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang cukup berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah munculnya penyakit jantung koroner.

2. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Buah tin terkenal sebagai jenis buah yang mengandung serat larut cukup baik. Menurut ahli, kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat buah tin satu ini dapat muncul karena ketika pektin masuk kedalam tubuh, kandungan tersebut akan menyapu semua kolesterol dan membuangnya melalui sistem ekskresi. Baik itu ekskresi berupa BAB, keringat, ataupun dalam bentuk air seni.

3. Mencegah serangan jantung

Serangan jantung menjadi penyakit mematikan nomor satu di seluruh dunia, kurang dari satu menit 1 orang meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Maka dari itu, cegah penyakit jantung mulai dari sekarang.

Munculnya serangan jantung dapat disebabkan karena kadar natrium dalam tubuh cukup tinggi, natrium ini akan menimbulkan penyempitan pembuluh dan plak yang membuat kinerja jantung semakin berat dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh.

Menurut penelitian yang telah dilakukan di Arab Saudi, buah tin mengandung senyawa kalium tinggi yang cukup baik untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Para ahli juga berpendapat, konsumsi buah tin minimal 1x sehari akan membantu menekan resiko Anda terkena serangan jantung mendadak.

4. Baik untuk penderita diabetes

Mungkin dokter akan menyarankan seorang penderita diabetes untuk tidak mengonsumsi makanan manis. Namun meskipun buah tin itu manis, kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah ini tidak akan membuat kadar gula dalam darah Anda naik.

Sebab selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Kedua kandungan inilah yang akan menghambat proses penyerapan gula berlebih pada bagian sistem pencernaan Anda secara optimal. Bahkan, beberapa ahli menambahkan buah satu ini juga cukup efektif untuk mencegah diabetes, namun dengan syarat konsumsi tidak berlebihan.


5. Mencegah kanker mematikan

Selain penyakit serangan jantung, kanker juga menjadi jenis penyakit mematikan nomor kedua di dunia. Munculnya kanker dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, termasuk salah satunya adalah radikal bebas.

Adanya radikal bebas dapat merusak sel kulit dan mengaktifkan pertumbuhan sel secara abnormal (sel kanker). Untuk mencegahnya Anda dapat konsumsi buah tin, sebab buah satu ini mengandung polyfenol yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

Ada banyak sekali jenis kanker yang dapat dicegah dengan konsumsi buah tin, seperti kanker serviks, kanker payyu-darra, kanker otak, dan lainnya. Selain itu, kandungan serat larutnya dipercaya juga cukup efektif mencegah kanker kolon (usus besar).

6. Mencegah keropos tulang dan menguatkannya

Khasiat buah tin / ara selanjutnya adalah baik untuk tulang. Osteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang bisa dicegah dengan mengonsumsi buah tin secara rutin.

Dalam buah tin terkandung senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan para ahi gizi mengungkapkan kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam susu.

Bagi Anda usia 30 keatas konsumsi kalsium sangat berkhasiat untuk mencegah osteoporosis, sedangkan untuk anak-anak nutrisi tersebut akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi secara optimal.

7. Meninggikan badan secara alami

Apakah Anda ingin tinggi? apabila benar demikian, silahkan konsumsi buah tin setiap harinya. dengan berbagai kandungan mineral alaminya, termasuk kalsium, fosfor, magnesium, mangan, dll buah satu ini cukup berkhasiat untuk menambah tinggi badan Anda secara maksimal.

Selain menambah tinggi badan, kandungan nutrisi lengkap dalam buah tin juga baik untuk menggantikan konsumsi susu bagi Anda yang mengalami alergi susu, terutama alergi susu sapi.

8. Menggemukan badan

Program diet sehat tidak hanya bertujuan untuk menguruskan badan saja, namun beberapa orang yang krempeng memerlukan berat badan lebih. Untuk meningkatkan berat badan Anda, silahkan konsumsi buah tin bersamaan dengan susu sebelum tidur.

Cara ini sudah saya coba sendiri, dan hasilnya dalam seminggu badan lebih berisi dan berat badan naik 2 kg. Tidak perlu takut kegemukan, sebab kandungan serat dalam buah ini tidak akan menyebabkan timbunan lemak tubuh, tetapi malah menyebabkan tubuh lebih kencang.

9. Mengatasi susah tidur atau insomnia

Gajala susah tidur dapat muncul disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari konsumsi minuman berkafein (kopi) sampai dengan kondisi stres dan trauma. Selain mengatasi stres, Anda juga bisa menghilangkan susah tidur tersebut dengan konsumsi buah tin.

Menurut penelitian di Universitas Yale, buah tin mengandung senyawa tryptophan  yang cukup efektif untuk memberikan rasa nyaman, tenang, dan rileks bagi pikiran kita. Sehingga sangatlah baik untuk menghilangkan insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak.

10. Mampu mengatasi anemia (kekurangan darah)

Manfaat buah tin bagi anemia sangatlah luar biasa. Buah satu ini dipercaya mampu mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB)  dalam darah kita. dengan demikian, buah tin bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi anemia.

Khasiat buah tin untuk penambah darah ini dapat muncul disebabkan karena kandungan zat besi yang cukup tinggi. dimana kandungan zat besi inilah yang menjadi bahan baku pembentukan hemoglobin darah Anda.

11. Sumber nutrisi yang cukup baik dan lengkap

Buah tin tidak mengandung lemak jahat, garam, dan kolesterol, akan tetapi mengandung kalsium, serat, dan kalium yang cukup tinggi. Selain itu buah tin juga mengandung sodium yang cukup rendah.

Buah tin juga mengandung kaya akan senyawa benzaldehida (senyawa anti-kanker seperti beta-karoten). Menariknya lagi buah satu ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin penting untuk tubuh, seperti vitamin A, B, dan C.

Dengan berbagai macam kandungan nutrisi diatas, kita akan mendapatkan gizi harian yang cukup.

12. Mengatasi susah BAB (sembelit)

Sejak jaman dahulu kala buah tin sudah banyak digunakan sebagai herbal pencahar alami. kandungan serat yang bersifat laktasif dalam buah ini dipercaya mampu menyembuhkan sembelit kronis.

Khasiat buah tin tidak hanya mampu menyembuhkan sembelit kronis saja, tetapi dengan konsumsi secara rutin buah ini juga cukup baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan tubuh Anda.

13. Baik untuk wasir dan ambeien (lihat hadist diatas)

Khasiat buah tin untuk wasir atau ambeien telah disebutkan secara jelas dalam hadist sabda Nabi Muhammad SAW diatas. Dikatakan buah satu ini cukup baik untuk menyembuhkan wasir dan encok.

Setelah dilakukan penelitian mendalam mengenai hal tersebut ternyata memang benar, dalam buah tin ini mengandung senyawa flavonoid cukup tinggi yang mampu mencegah radikal bebas dan peradangan penyebab wasir semakin parah.

Para ahli juga berpendapat, dengan konsumsi buah tin setiap hari minimal 1 butir, maka wasir seseorang akan sembuh dengan sangat mudaj sekali.

14. Mencegah tumor jinak dan ganas

Tumor jinak merupakan sebuah penyakit pada permukaan organ tubuh yang disebabkan karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal. Dikatakan jinak, karena benjolan yang muncul tidak merusak jaringan di sekitarnya.

Buah tin mengandung benzaldehide dan phenol, kandungan kedua senyawa ini dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan parasit, jamur, dan virus yang menjadi penyebab munculnya tumor jinak.

Tidak hanya mampu mencegah tumor jinak saja, namun kombinasi antara antioksidan juga cukup efektif untuk membantu Anda cegah penyakit tumor ganas.

15. Mengatasi gangguan sistem pernapasan

Asma merupakan gejala sesak napas yang disebabkan karena adanya infeksi peradangan pada bagian saluran pernafasan tubuh, lebih tepatnya pada bagian alveolus (saluran menuju paru).

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi jus buah tin setiap harinya. dengan kandungan antibakterial dan antiseptik, infeksi saluran pernapasan tersebut dapat teratasi dengan sangat mudah sekali.

16. Mengobati bisul-bisul dan abses

Bisul dan abses merupakan penyakit pada bagian kulit, munculnya penyakit ini disebabkan karena adanya alergi dan infeksi bakteri/kuman tertentu. Dengan kandungan antibakterialnya, buah tin cukup berkhasiat untuk mengatasi adanya penyakit kulit tersebut.

Caranya cukup mudah, tinggal Anda mengoleskan halusan buah tin secara merata ke bagian kulit yang bermasalah. Lalu diamkan sampai mengering dan bilas dengan menggunakan air hangat.

17. Mempercepat penyembuhan luka baru

Luka sayatan benda tajam, luka terkabar, dan luka baru lainnya bisa Anda sembuhkan dengan menggunakan buah tin. Sebab buah satu ini mengandung antiseptik yang mampu mempercepat penyembuhan luka tersebut.

Manfaat buah tin satu ini akan semakin maksimal, apabila Anda juga mengoleskan buah tersebut secara langsung pada bagian luka. Ya walaupun sebenarnya sangat perih menurut saya.

18. Mengobati sakit tenggorokan

Kurangnya kelembaban pada tenggorokan bisa menyebabkan bagian organ tersebut terasa sakit, bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan munculnya pendarah. Penyakit tenggorokan ini sering disebut juga dengan sore throat.

Buah tin mngandung lendir yang cukup tinggi, kandungan lendir inilah yang mampu mengatasi sakit tenggorokan Anda dengan cara melembabkannya secara alami. Anda bisa mengonsumsi jus buah tin tanpa menggunakan tambahan pemanis gula.

(Sumber: Cantik itu)
loading...

0 Response to "Khasiat Buah Tin Si "BUAH DARI SYURGA""

Post a Comment

Didakwah