4 Nikmat yang Harus Disyukuri Setiap Hari

Kongsikan di

Image result for 4 Nikmat yang Harus Disyukuri Setiap Hari


Sebagian besar umat muslim lupa untuk mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diterimanya. Banyak sekali kenikmatan yang diterima manusia yaitu kenikmatan hidup, rezeki berupa harta, kesehatan, kebahagiaan keluarga, dan masih banyak lainnya. Namun ada 4 nikmat yang sering dilupakan oleh seorang muslim, apa sajakah ke-4 nikmat itu? Inilah 4 nikmat yang harus disyukuri setiap hari menurut Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu bersyukur dengan semua yang telah diberikan Allah SWT kepadanya. Namun ada empat nikmat yang sering dilupakan oleh umat Islam sehingga Rasulullah berpesan kepada seluruh umatnya agar tidak melupakan untuk mensyukuri ke-4 hal tersebut. Apa sajakah itu?

Berikut adalah empat nikmat yang harus disyukuri tiap hari yang selalu dipesankan oleh Rasulullah SAW:

1. Kenikmatan tidak buta hati
Bagi seorang muslim harus bersyukur bahwa dirinya telah dipilih untuk mengenal Allah SWT sehingga mata hatinya tidak buta. Seorang manusia yang mengenal Allah SWT maka mata hatinya telah terbuka akan kebenaran bahwa Tuhan yang telah menciptakan seluruh alam semesta dan patut untuk disembah hanyalah Allah SWT. Sungguh beruntung bagi setiap manusia yang telah mengenal Allah SWT dan menjadi seorang muslim.

2. Kenikmatan menjadi umat Nabi Muhammad SAW
Allah SWT telah menurunkan beberapa Nabi sebagai penolong manusia untuk menuju kebenaran dan Nabi terakhir adalah Nabi Muhammad sebagai Nabi penutup dan pembawa ajaran Allah yaitu ajaran Islam. Nabi Muhammad memiliki mukjizat Al-Quran yang berisi kalam Allah SWT sebagai pedoman hidup manusia di dunia. Kelak di akhirat umat Nabi Muhammad akan berada di urutan terdepan menuju syurga. Sungguh beruntung bagi setiap manusia yang menjadi salah satu umat Nabi Muhammad karena beliau akan memberikan syafaatnya kelak di akhirat untuk semua umatnya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

3. Kenikmatan rezeki di tangan Allah SWT
Semua rezeki makhluk di dunia ini berada ditangan Allah SWT dan tidak seorang pun makhluk di dunia ini yang dapat mengetahuinya. Allah SWT telah menjamin rezeki bagi semua makhluk di dunia ini tanpa terkecuali karena Allah maha pengasih. Rezeki yang diberikan Allah SWT berupa harta, kesehatan, makan, minum, kebagiaan keluarga, dan masih banyak lainnya. Allah SWT memberikan rezeki kepada semua makhluk tanpa pilih kasih sehingga semua manusia baik itu muslim maupun kafir akan mendapatkan rezeki sesuai dengan usaha yang telah mereka kerjakan. Namun adan rezeki yang telah Allah SWT siapkan bagi seorang hamba yang selalu bersyukur, beriman, dan bertaqwa kapada-Nya dengan ikhlas sepenuh hati. Inilah nikmat yang perlu disyukuri tiap hari oleh setiap manusia.

4. Kenikmatan telah ditutupi dosa-dosa kita
Kenikmatan selanjutnya adalah kenikmatan ditutupi semua dosa yang telah kita lakukan sehingga tidak tampak oleh orang lain. Setiap manusia tidak luput akan dosa, baik itu dosa kecil maupun besar, tetapi atas kemurahan Allah SWT semua dosa-dosa yang telah kita lakukan tidak terlihat oleh manusia lain karena Allah SWT telah menutupinya dan tidak mempermalukan dihadapan orang lain. Jadi sungguh celaka bagi seorang yang mengumbar dosanya kepada orang lain padahal Allah SWT telah menutupi dosa yang telah dilakukannya agar tidak dipermalukan dihadapan orang lain.

Itulah ke-4 kenikmatan yang sering diserukan Rasulullah kepada umatnya karena jika keempat nikmat tersebut dilupakan maka kenikmatan-kenikmatan yang lain akan hilang.

Sumber : http://penjagaislamiyah.blogspot.my

loading...

0 Response to "4 Nikmat yang Harus Disyukuri Setiap Hari"

Post a Comment

Didakwah