Diabetes? Harus waspada dengan ini…..

Kongsikan di

Image result for Diabetes? Harus waspada dengan ini…..



Ketika mendapati diagnosis diabetes, baik itu rekan kerja, keluarga atau siapa saja, maka selain mengontrol gula darah yang lebih penting adalah memahami kondisi kegawat daruratan, sehingga jika timbul gejala atau tanda dari kegawat daruratan tersebut kita bisa segera melakukan tindakan, tidak gugup, bingung apalagi gagap.
Ada dua tanda kegawatan dari daibetes yakni
  • tanda gula dara terlalu rendah
  • dan yang kedua tanda gula darah terlalu tinggi
Apa saja tandanya?
perhatikan baik baik dan bagi penderita diabetes tanda dan gejala ini harus hafal diluar kepala, sehingga nantinya tidak salah dalam manajemen diri.
yang pertama tanda gula darah terlalu rendah
  • Pucat
  • Kelaparan
  • Berkeringat
  • Lemas sekali
  • Bingung
  • dan Agresif, mudah marah dll. 
tanda yang kedua adalah:
Tanda gula darah terlalu tinggi
  • Kehausan
  • Kencing berlebihan
  • Kulit terasa panas dan kering
  • Bau nafas seperti keton. 

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika kita mendapatkan tanda seperti diatas?
Jika kita mendapatkan tanda seperti diatas maka yang bisa kita lakukan adalah kita harus memastikan kondisi penderita dalam keadaan sadar atau tidak sadar?
Kalau tidak sadar maka lakukan penanganan basic life support, sembari memanggil bantuan atau ambulans.



Jika kondisi pasien sadar maka lihatlah bagaiman gejala atau tanda yang muncul,

Jika yang muncul adalah tanda atau gejala penurunan gula darah maka berikan makanan atau minuman yang manis-manis jangan sampai terlambat memberikan, jika gula darah semakin turun maka sangat mungkin untuk mengalami penurunan kesadaran dan mempersulit penanganan. sembari memberikan yang manis-manis tiap 10-15 menit maka panggil ambulans atau bawa langsung ke UGD rumah sakit terdekat. Jika anda memiliki alat pengecek gula darah, maka segera lakukan pengecheckan kadar gula darah, akan tetapi jangan sampai pengecheckan kadar gula darah sampai menghalangi pemberin makanan atau minuman yang manis, artinya disini adalah jangan sampai karena kita bingung mencari alatnya dimana, kemudian bingung cara menggunakan alat, sehingga pemberian yang manis manis tadi terhambat. berikan yang manis manis sembari mengecheck kadar gula darah, jika gejala dan tanda yang muncul seperti yang disebutkan diatas, insha Alloh sudah sesuai dengan kondisi.
Selanjutnya adalah jika gejala dan tanda yang muncul adalah gejala kadar gula darah tinggi, korban dalam kondisi sadar. maka yang harus dilakukan adalah berikan insulin sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter. jangan biarkan korban sendiri yang menyuntikkan, bantu dan suntikkan dan yakinkan bahwa insulin benar benar sudah disuntikkan. selanjutnya adalah telphone ambulans atau bawa ke rumah sakit terdekat, berikan minuman tanpa gula jika perjalanan kerumah sakit membutuhkan waktu atau ambulans datang terlalu lama.
Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika kita tidak yakin gejala yang muncul adalah penurunan atau kenaikan gula darah?, maka mudahnya berikan segelas air manis kepada pasien. karena itu akan sangat menolong kondisi penurunan gula darah dan tidak terlalu membahayakan pada kadar gula darah yang tinggi, akan tetapi jika terdapat alat check gula yang cepat dirumah, bisa memudahkan dalam mengambil keputusan, dan lakukan dengan cepat.
Semoga bermanfaat.
Sumber : https://kesehatanmuslim.com
loading...

1 Response to "Diabetes? Harus waspada dengan ini….."

  1. hy guys ingin nmendapatkan uang jutaan rupiah gak ^^
    ayo segera bergabung dengan saya di F/A/N/S/P/O/K/E/R
    disini hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang jutaan rupiah lo
    ayo tunggu apa lagi kami tunggu ya pendaftarannya ^^

    ReplyDelete

Didakwah