Ubat Pencegah dan Penawar Lupa

Kongsikan di

 Image result for Penawar Lupa dalam islam

Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata,
شَكَوْتُ إلَى وَكِيعٍ سُوءَ حِفْظِي – فَأرْشَدَنِي إلَى تَرْكِ المعَاصي
وَأخْبَرَنِي بأَنَّ العِلْمَ نُورٌ – ونورُ الله لا يهدى لعاصي
? “Aku pernah mengadu kepada Imam Waki’ akan buruknya hapalanku, maka beliau membimbingku agar meninggalkan maksiat, dan beliau mengatakan kepadaku bahwa ilmu agama itu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak akan dianugerahkan kepada orang yang suka bermaksiat.” [Lihat Thabaqot Al-Hanafiyyah, 1/487]
➡ Al-Imam Ali bin Khasyram rahimahullah berkata,
ﺭﺃﻳﺖ ﻭﻛﻴﻊ ﺑﻦ ﺍﻟﺠﺮﺍﺡ ﻭ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺑﻴﺪﻩ ﻛﺘﺎﺏ ﻭ ﻛﺎﻥ ﻳﺤﻔﻆ ﻣﺎ ﻻ ﻧﺤﻔﻆ!! ﻓﻌﺠﺒﺖ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻓﺴﺄﻟﺘﻪ ﻭ ﻗﻠﺖ : ﻳﺎ ﻭﻛﻴﻊ  ﻻ ﺗﺤﻤﻞ ﻛﺘﺎﺑﺎ ﻭ ﻻ ﺗﻜﺘﺐ ﺳﻮﺍﺩﺍ ﻓﻲ ﺑﻴﺎﺽ ﻭ ﺗﺤﻔﻆ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻤﺎ ﻧﺤﻔﻆ؟!
ﻓﻘﺎﻝ ﻭﻛﻴﻊ ﻭ ﻗﺪ ﺃﺳﺮ ﻓﻲ ﺃﺫﻧﻲ : ﻳﺎ ﻋﻠﻲ ﺇﻥ ﺩﻟﻠﺘﻚ ﻋﻠﻰ ﺩﻭﺍﺀ ﺍﻟﻨﺴﻴﺎﻥ ﺃﺗﻌﻤﻞ ﺑﻪ؟
ﻗﻠﺖ ﺇﻱ ﻭ ﺍﻟﻠﻪ. ﻗﺎﻝ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲ. ﻓﻮﺍﻟﻠﻪ ﻣﺎ ﺭﺃﻳﺖ ﺃﻧﻔﻊ ﻟﻠﺤﻔﻆ ﻣﻦ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﻲ.
? “Aku melihat Imam Waki’ bin Al-Jarrah bisa menghapal yang tidak bisa kami hapal dalam keadaan beliau tidak membawa sebuah  kitab pun. Kami kagum akan hal itu. Maka aku bertanya kepada beliau,
? “Wahai Imam Waki’,
? Anda tidak membawa sebuah kitab pun,
? Tidak pula menulis hitam di atas putih.
? Namun Anda bisa menghapal lebih banyak daripada yang kami hapal?”
? Maka Imam Waki’ pun berkata lirih sambil mendekat ke telingaku, “Wahai Ali, apabila aku tunjukkan kepadamu obat agar tidak lupa, apakah engkau mau mengamalkannya?”
Aku menjawab, “Demi Allah, tentu aku mau.”
? Beliau berkata, “Tinggalkanlah maksiat. Demi Allah, aku tidak menemukan cara yang paling tepat untuk bisa menghapal, daripada meninggalkan maksiat.” [Siyar A’laamin Nubala’, 6/384]
➡ Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,
من الذنوب ما يكون سببا لخفاء العلم النافع أو بعضه بل يكون سببا لنسيان ما عُلم
? “Diantara dosa-dosa, ada yang dapat menjadi sebab yang menghalangi ilmu yang bermanfaat atau sebagiannya, bahkan dapat menjadi sebab terlupanya ilmu yang sudah diketahui.” [Majmu’ Al-Fatawa, 14/160]
Sumber : http://sofyanruray.info
loading...

1 Response to "Ubat Pencegah dan Penawar Lupa"

  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    di f@ns*p0ker || add pin bb 55F97BD0

    ReplyDelete

Didakwah