MAKANAN yang menjadi punca JERAWAT

Kongsikan di



Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada bagian wajah. Termasuk diantaranya makanan yang sering dikonsumsi setiap harinya. Jenis makanan-makanan tertentu yang biasa dikonsumsi sehari-hari memiliki banyak kandungan zat yang berbeda. Beberapa makanan mengandung zat tertentu yang bisa memicu timbulnya jerawat pada kulit wajah bahkan membuat jerawat meradang, bahkan bernanah. Sehingga untuk menghindari dari munculnya jerawat tersebut maka beberapa makanan sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.
Biasanya orang mengetahui jerawat timbul karena hormon, dan juga kulit yang kurang bersih. Namun, nyatanya beberapa makanan dapat memicu dan membuat jerawat menjadi lebih parah sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, bila Anda tak ingin kulit wajah Anda timbul jerawat.

Dibawah ini merupakan beberapa mkanan yang mnejadi penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah, simak uraiannya dibawah ini !

1.) Lemak
Salahsatu makanan penyebab jerawat yang dapat memicu terjadinya jerawat adalah mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung lemak. Makanan yang mengandung banyak lemak dapat berpengaruh pada munculnya jerawat. Selain itu dengan adanya lemak pada tubuh merupakan penyebab masalah gula darah. Pada saat gula darah berfluktuatif, akan mengakibatkan meningkatnya reaksi hormonal cascading sehingga produksi sebum menjadi meningkat (minyak pada bagian kulit) dan kemudian menutupi pori-pori dan kemudian menimbulkan munculnya jerawat.
Selain itu, lemak berlebih dapat berdampak kurang baik bagi tubuh. Dengan banyaknya lemak pada aliran darah akan membuat oksigen dan juga nutrisi yang mengalir ke sel-sel tubuh dapat berjalan dengan lambar. Sehingga berefek kurangnya suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dan hal ini masih berhubungan dengan jerawat karena dapat memperparah keadaan jerawat pada kulit wajah Anda.

2.) Produk Susu
Jenis makanan penyebab jerawat selanjutnya yaitu makanan yang memiliki kandungan susu, diantaranya cokelat, es krim, keju, susu kaleng dan yoghurt. Jika wajah Anda memiliki jerawat, mengkonsumsi makanan seperti ini secara berlebihan dapat memperparah kondisi jerawat pada wajah Anda.
Sebagian besar produk makanan yang mengandung susu mempunyai lemak yang tinggi, sehingga bisa memicu timbulnya jerawat apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Selain itu, susu biasanya dihasilkan dari sapi hamil. Sapi hamil biasanya mengandung hormon yang banyak. Kulit manusia mengandung enzim yang dapat mengubah hormon yang dihasilkan tadi menjadi DHT (dihydrotestosteron). DHT ini bisa memicu kelenjar kulit meningkatkan produksi sebum, dan memunculkan jerawat.

3.) Gula
Makanan yang mengandung jenis gula juga menjadi penyebab jerawat dan dapat memicu munculnya jerawat pada wajah Anda. Utamanya gula pasir, apabila konsumsi gula berlebih makan akan menyebabkan meningkatnya gula darah sehingga produksi lemak didalam tubuh dapat meningkat. Dan telah diketahui bahwa lemak bisa menjadikan kondisi jerawat menjadi lebih parah.

4.) Kafein
Makanan penyebab jerawat selanjutnya yaitu makanan yang memiliki kandungan kafein. Jenis makanan yang menjadi sumber kafein adalah cokelat, kopi, teh, soda dan juga minuman berenergi dan pain killer atau penghilang rasa sakit. Jika dikonsumsi berlebihan kafein akan berakibat kurang baik bagi tubuh diantaranya dapat mengakibatkan kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon stress meningkat, sehingga tingkat stress seseorang dapat meningkat. Apabila tubuh mengalami strss berlebih maka dapat berpengaruh kurang baik pada kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit.
Selain itu kafein dapat mengganggu tidur Anda sehingga tidak bisa tidur dengan nyenyak. Bahkan, meskipun Anda dapat tidur, zat kafein bisa menjadikan tidur anda tidak nyenyak. Seperti yang telah diketahui bahwa tidur merupakan faktor penting agar kondisi fisik tubuh dapat diperbaiki kembali dan tidur juga berguna untuk melepaskan racun. Apabila racun yang ada didalam tubuh tidak terlepas dan kondisi tubuh tidak diperbaiki dengan sempurna maka kesehatan tubuh dapat menurun selain itu bisa memicu kondisi jerawat menjadi lebih parah.

 (Sumber: Hariansehat)
loading...

3 Responses to "MAKANAN yang menjadi punca JERAWAT"

Didakwah