TIPS Mengajar Anak Mengaji





Buat suasana menyenangkan

Anak-anak umur 5 tahun kebawah hanya mampu fokus belajar paling lama 5-7 minit. Setelah minit ke-7 biasanya anak-anak akan merasa bosan. Untuk itu, setiap menyelesaikan satu lembar pelajaran, saya akan melakukan selingan menyanyi huruf Hijayyah yang lirik dan lagunya saya tiru dari internet. Ini contoh lagu yang sering saya jadikan selingan. Bahkan untuk menambah semangat, saya dan dia menyanyikannya sambil bermain tepuk tangan. Biasanya setelah bernyanyi, anak akan kembali belajar dengan semangat lagi.

Fokus ke anak dan seringlah memuji

Jangan mengajar anak sambil melakukan hal yang lain. Memang sebagai ibu kadang kita dituntut multitasking, tapi kalau urusan mengajar anak sebaiknya fokus keanaknya. Anak semangat membaca Iqra’nya, karena diawal-awal proses belajarnya, setiap kali dia menyebut satu huruf dengan benar, Pujilah mereka dengan kata-kata baik. Walaupun mulut pegal menyebut kata tersebut, tapi sangat efektif menjaga semangat dia untuk terus membaca. Dia menjadi tahu bahwa dia diperhatikan selama belajar dan berusaha menyebut huruf dengan benar.

Usahakan Rutin
Saya tidak pernah memaksa Anak belajar. Tapi saya usahakan dia mau belajar Iqra’ tiap hari. Waktunya flexible, boleh pagi hari, siang hari, atau malam hari. Tergantung kesiapan anaknya saja. Mulakan membaca 1 lembaran, jika masih ada keliru 1 huruf saja dalam lembaran itu, dia akan mengulanginya 2-3 kali sampai tidak ada lagi yang keliru. Itu sudah cukup untuk hari itu. Sekali dalam satu hari lebih baik dari pada berkali-kali dalam sehari tapi tidak rutin dilakukan. Kadangkala, Anak hanya mau membaca satu kali saja, dan tidak mau mengulanginya lagi, jika terjadi hal ini saya tidak memaksanya untuk mengulangnya, lembaran itu akan diulang keesokan harinya.

Gunakan media interaktif
Dapatkan bantuan menggunakan laptop dan internet dalam proses mengajar ini. Buka youtube dan memperlihatkan kepada Anak cara penyebutan huruf yang benar. Linknya banyak di youtube. Lagu-lagu huruf Hijayyah diyoutube juga sangat membantu. Pengenalan awal huruf Hijayyah sebaiknya diawali dengan menghapalnya dengan menggunakan cara menyanyikan lagu, itu sangat efektif.

Jangan memaksa

Jangan pernah memaksa anak-anak. Karena masa kanak-kanak adalah masa bermain. Ketika anak tidak siap belajar, jangan dipaksa, biarkanlah dia bermain. Jika kita memaksa anak, anak-anak akan trauma dan akan merasa proses belajar itu adalah sesuatu yang membosankan. Jika melihat anak mulai bosan dengan permainannya dan butuh ide kegiatan apa selanjutnya yang sebaiknya dilakukan, segera berikan saran dengan nada riang untuk belajar Iqra’.

(Sumber: NurIslah)
loading...

0 Response to "TIPS Mengajar Anak Mengaji"

Post a Comment

Didakwah