Jangan Abaikan Inilah Kelebihan Wudhuk Sebelum Tidur

Kongsikan di

Image result for Jangan Abaikan Inilah Kelebihan Wudhu Sebelum Tidur

Berwudhuk sesuatu yang menjadi kebiasan bagi orang muslim.Wudhuk kebiasaannya dilakukan oleh seorang muslim sebelum mendirikan solat sebagai simbol mensucikan diri daripada hadas kecil dan kotoran.Nabi Muhammad juga sentiasa membiasakan diri dalam keadaaan berwudhuk.
Terdapat beberapa manfaat wudhuk sebelum tidur antaranya :-
Bebas dari kuman jahat
Membantu menjaga kesihatan kulit
Membantu menjaga kesihatan wajah
Mampu mencerahkan kulit
Hati pun terasa tenang
Terdapat hadis yang menunjukkan bahwa kita dianjurkan untuk bersuci sebelum tidur. Diantaranya, hadis dari Al-Barra bin Azib radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
:
Apabila engkau hendak tidur, berwudhulah sebagaimana wudhu ketika hendak shalat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan, dan bacalah
Ya Allah, aku tundukkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena rasa takut dan penuh haram kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari hukuman-Mu kecuali kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.
Jika kamu mati di malam itu, kamu mati dalam keadaan fitrah. Jadikanlah doa itu, sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan sebelum tidur.
(HR. Bukhari 247 danMuslim 2710)

Didoakan Malaikat
Dalam hadis lain, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan keutamaan berwudhu sebelum tidur. Orang yang berwudhu sebelum tidur, akan didoakan malaikat.
Dari Abdullah bin Umar radliyallaahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
:
Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci. (HR. Ibn Hibban 3/329. Syuaib Al-Arnauth mengatakan, Perawi hadis ini termasuk perawi kitab shahih. Hadis ini juga dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)
Al-Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur,
: , .. , .
Ada banyak manfaat dari berwudhu sebelum tidur, diantaranya, orang itu tidur dalam kondisi suci, agar ketika kematian menjemputnya, dia berada dalam keadaan sempurna. Dari hadis ini juga terdapat pelajaran agar kita selalu menyiapkan diri menghadapi kematian, dengan menyucikan hati. Karena kesucian hati lebih diutamakan dari pada kesucian badan, lebih ditekankan lagi untuk orang yang sedang berhadas, terutama orang junub, agar bisa kemabli segar atau memicu untuk mandi. Sehingga dia bisa tidur suci dari semua hadats. Kemudian, diantara manfaat wudhu ini, untuk mengundang mimpi yang baik, dan dijauhkan dari permainan setan ketika tidur. (Fathul Bari, 11/110)
Di samping itu tentunya anjuran untuk berwudhu juga mengandung nilai ibadah yang tinggi. Sebab ketika seseorang dalam keadaan suci. Jika seseorang berada dalam keadaan suci,berarti ia dekat dengan Allah. Karena Allah akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci.
Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a)
Hal ini juga ditulis dalam kitab Tanqih Al-Qand Al-Hatsis karangan Syekh Muhamad Bin Umar An-nawawi Al-mantany. Dari Umar Bin Harits bahwa Nabi bersabda: Barang siapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah. Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi Allah.
Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa berwudhu sebelum tidur merupakan anjuran Nabi yang harus dikerjakan bila seseorang ingin memperoleh kemuliaan disisi Allah.
Hal ini sangat mudah untuk dilakukan, akan tetapi dengan rasa kemalasan yang ditekan oleh godaan ssyaitan menjadikan hal itu sebuah kesulitan untuk melakukannya. Semoga Allah memudahkan segala kesulitan tersebut.
Ini adalah sebuah hal yang kecil akan tetapi membawa banyak sekali manfaat yang diperoleh. Maka dari itu selagi mampu menyempatkan waktu kita untuk berwudhu sebelum tidur maka berwudhulah. Jadikan itu sebuah kebiasaan layak untuk beribadah kepada Allah SWT.
Sumber:http://suaramedia.org

loading...

1 Response to "Jangan Abaikan Inilah Kelebihan Wudhuk Sebelum Tidur"


  1. ditunggu apa lagi hanya dengan minimal deposit 10.000
    mari coba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com

    ReplyDelete

Didakwah