6 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

Kongsikan di

Image result for 6 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Haid



Setiap wanita mengalami siklus bulanan yang dikenal dengan haid. Saat haid, kondisi tubuh akan menurun. Ia lebih mudah lelah karena kehilangan sebagian mineral serta nutrisi lebih banyak berkurang akibat keluarnya darah haid. Supaya tubuh tetap sehat dan mood juga stabil, wanita disarankan mengasup lebih banyak nutrisi selama periode haid. Inilah makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi saat haid.

1. Kedelai

Kalsium pada susu kedelai atau tahu lebih baik dibandingkan susu full cream, selain sehat juga tidak membuat gemuk. Makanan kaya kalsium menjadikan tulang kuat dan memberi tambahan energi saat darah banyak berkurang karena haid.

2. Gandum & Sayur

Nasi merah, gandum utuh dan sayuran segar kaya akan serat yang membuat perut kenyang lebih lama tanpa membuatnya terasa kembung dan penuh. Selain itu, karbohidrat kompleks membantu mengurangi penumpukan air yang berlebihan pada tubuh.

3. Air Putih

Saat haid, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Banyak anggapan salah tentang konsumsi air, bahwa minum banyak air akan menambah penumpukan cairan dalam tubuh. Sebaliknya, mencukupi asupan air justru solusi yang baik untuk mencegah perut kram dan dehidrasi. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.

4. Buah dan Biji-bijian

Jenis mineral seperti potassium juga membantu mengurangi penumpukan cairan. Jeruk, pisang dan nanas merupakan buah yang kaya akan jenis mineral ini. Konsumsi juga makanan yang mengandung magnesium seperti biji-bijian dan kacang untuk mengurangi tubuh yang terasa ‘bengkak’.

5. Protein

Protein memberikan  energi yang cukup untuk beraktivitas seharian saat haid. Dapatkan asupan protein sehat dari telur putih rebus, dada ayam tanpa lemak dan susu rendah lemak.

6. Kacang

Wanita akan kehilangan banyak darah selama haid, untuk itu sangat penting mencukupi asupan zat besi. Konsumsilah dalam jumlah yang cukup. Makanan ini kaya akan zat besi. Sumber zat besi juga terdapat dalam bayam, buah kurma, dan kacang-kacangan.

Semoga bermanfaat.

Sumber : https://muslimasholeha.blogspot.my

loading...

1 Response to "6 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Haid"


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
    ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

    ReplyDelete

Didakwah