Penelitian Buktikan Ayat Alquran Pengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Kongsikan di

Image result for Penelitian Buktikan Ayat Alquran Pengaruhi Pertumbuhan Tanaman


Ayat Alquran terbukti dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Buku ‘Sains dalam Alquran’ yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan mengenai fakta ini.
Seorang dosen dan peneliti dari sebuah negara Arab memiliki sejumlah hasil karya penelitian teoritis maupun praktis di bidang fisiologi tumbuhan. Ia sangat terkenal luas di Timur Tengah, bahkan dunia internasional.
Ia juga dikenal dengan sejumlah eksperimen yang spektakuler. Salah satunya mengenai bukti bahwa bacaan ayat Alquran memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.
Dalam buku ‘Sains dalam Alquran’ disebutkan, tumbuhan seperti benda-benda langit dan makhluk-makhluk Allah lainnya yang bisa merasa, mendengar, dan bereaksi positif maupun negatif terhadap pengaruh dan lingkungan di sekitarnya.
Peneliti melakukan serangkaian eksperimen di laboratorium Fakultas Sains pada 1997. Dia membuat empat kotak berbahan plastik yang sama ukurannya, dan masing-masing diisi dengan sejumlah tanah yang ditanami bibit gandum dari jenis tertentu.
Bibit tanaman itu lalu diberi pupuk dan diairi dengan kadar yang sama. Berikutnya, peneliti meminta salah satu mahasiswanya untuk membacakan sejumlah Surah Alquran, yakni Surah Yasin, Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan Ayat Kursi.
Mahasiswa membacakan surah tersebut dua kali seminggu untuk tanaman yang ada di kotak pertama. Seorang mahasiswa lain yang lain ditugaskan membawa setangkai tanaman dua kali seminggu untuk dikoyak-koyak dan dipotong-potong tangkainya sambil diiringi kata-kata kasar yang tak patut.
Satu mahasiwa lagi mendapat tugas memukul-mukul tanaman yang ada di kotak ketiga lalu membakar dan mencacah daun-daunnya sampai lumat. Itulah tiga sampel tanaman yang diperlakukan berbeda-beda.
Dalam suatu seminar ilmiah, peneliti tersebut melaporkan hasil temuannya bahwa bibit tanaman di kotak pertama yang dibacakan Alquran, tumbuh dan berbuah 44 persen lebih baik daripada bibit tanaman yang dibiarkan tumbuh alami dan teratur di kotak keempat.
Selain itu, tanaman di kotak kedua yang didekatkan dengan perlakuan kasar dan di kotak ketiga yang diperlakukan tak sepatutnya tumbuh 33 persen lebih rendah dan kualitas buahnya 80 persen lebih buruk.
Jika seorang mukmin bercocok tanam sambil membaca Alquran dengan jiwa yang tenang dan selalu mengingat Allah, maka hasil pertaniannya pun akan berlimpah. Ayat Alquran mengungkap bahwa Bumi beserta semua yang ada di dalamnya pun bertasbih kepada Allah.
“Langit yang tujuh, Bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun,” Surah Al-Isra’ Ayat 44.
“Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya,” Surah Ar-Rahman Ayat 6.
Sumber : http://www.gemarakyat.id
loading...

1 Response to "Penelitian Buktikan Ayat Alquran Pengaruhi Pertumbuhan Tanaman"

  1. bingung mau ngapain
    mari bergabung dengan kami difans poker

    ReplyDelete

Didakwah