Alasan Utama Fatimah Tak Pernah Meriwayatkan Hadits

Kongsikan di

Image result for Alasan Utama Fatimah Tak Pernah Meriwayatkan Hadits


Ketika membuka hadits, jarang sekali kita menemukan hadits yang diriwayatkan oleh Fatimah (atau Ali bin Abi Tholib). Padahal keduanya orang-orang terdekat Rasulullah SAW. Kenapa ini bisa terjadi?
Fatimah radhiyallahu ‘anha hidup tak lama pasca Nabi wafat. Ahli sejarah mengatakan bahwa Fatimah wafat hanya berselang 5 bulan pasca kematian ayahanda. Dari sini mudah disimpulkan: mana sempat beliau meriwayatkan banyak hadits?
Kondisi Fatimah radhiyallahu ‘anha berbeda dengan keadaan istri Rasulullah SAW, Aisyah radhiyallahu ‘anha. Ia hidup hingga tahun 57 (atau 58 atau 59) hijriyah. Ia pun menjadi rujukan hal-hal yang berkaitan kehidupan rumah tangga (nabi). Dan beliau juga banyak meriwayatkan hadits yang bersifat teknis sebagaimana Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu adalah orang yang baru masuk Islam di masa terakhir menjelang wafatnya Rasulullah SAW. Hanya beberapa saat beliau sempat bersua dengan Nabi SAW. Akan tetapi, sahabat yang satu ini termasuk sosok yang paling banyak meriwayatkan hadits nabawi. Wallahua’lam. 
Sumber : bersamadakwah.net
loading...

1 Response to "Alasan Utama Fatimah Tak Pernah Meriwayatkan Hadits"

  1. ayo dicoba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com
    dapatkan juga bonus rollingan dan refferalnya

    ReplyDelete

Didakwah